Widy5angel's Blog

Just another WordPress.com weblog

WORKING MOM = SUPER MOM

on January 21, 2011

Being a parent is a gift and having a child is the greatest gift from God.

Anak adalah titipan dari Allah yang menuntut tanggung jawab orang tua dalam setiap perkembangannya. Tentu saja ini bukan perkara yang mudah. Belum lagi jika sang ibu harus bekerja dan menuntut waktunya di luar rumah. Sang buah hati harus “dititipkan” kepada pengasuh,pembantu atau keluarga baik kakek atau neneknya, apalagi di usia anak yang masih dini. Fenomena ini semakin marak di jaman sekarang ini karena situasi yang tak memungkinkan untuk mengasuh anak sendiri dan tuntutan ekonomi yang mengharuskan sang ibu membantu suami dalam mencari nafkah nagi keluarga.

Menjadi wanita yang sukses dalam pekerjaan dan sebagai seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi ingatlah ini tidak mustahil dilakukan. Beberapa tips yang dapat diterapkan dalam menjalankan peran sebagai ibu dan wanita karier adalah sebagai berikut:

1. Mengolah waktu Seorang ibu yang bekerja harus pandai dan cermat dalam mengatur waktu. Mungkin kuantitas waktu yang banyak tak dapat diberikan layaknya seorang ibu rumah tangga. Namun, Quality Time adalah hal yang dapat diberikan oleh ibu yang bekerja. Sepulang bekerja, sang ibu dapat menemani anak makan, bermain bersama si kecil, atau membacakan dongeng. Ternyata yang diinginkan seorang anak dari orang tua nya yang sangat sederhana adalah, agar dapat bermain bersama ibu dan bapaknya.

Ada sebuah survey dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2002 kepada 500 keluarga yang menemukan bahwa satu dari lima anak mengatakan mereka mempunyai waktu yang sangat sedikit bahkan hampir tak ada waktu berkualitas dengan orang tua mereka. Juga mayoritas orang tua merasa tidak puas dengan jumlah waktu berkualitas yang mereka berikan kepada sang anak, sekitar 54% menyatakan mempunyai waktu yang sangat sedikit bahkan hampir tak ada waktu berkualitas dengan anak mereka.

Jadi luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya dengan anak anda, dengarkanlah dan berbicaralah dengannya sesering mungkin agar tali ikatan orang tua dan anak semakin kuat. Jika anda memiliki ide untuk pergi atau menghabiskan waktu bersama keluarga anda pada akhir pekan atau hari libur, lakukanlah karena merupakan hal yang sangat berharga bagi anda dan keluarga.

2. Memonitor perkembangan anak Sebagai seorang ibu yang menghabiskan waktu di luar rumah, penting sekali untuk tetap mengawasi anak anda dan perkembangannya, walaupun anda bekerja di luar rumah. Anda dapat menghubungi pengasuh atau keluarga yang terus mengawasi si kecil di rumah. Anda berhak untuk mengetahui setiap hal yang berkaitan dengan anak, seperti bagaimana ia makan, tidur, terutama bagi anak usia dini. Jika anak anda sudah menginjak usia sekolah, dapat ditanyakan juga bagaimana ia di sekolah. Orang tua harus tahu semua hal yang berkaitan dengan anak. Alasan sibuk atau tak ada waktu bukanlah alasan yang tepat untuk tidak melakukan pengawasan kepada anak anda karena sekali lagi anak adalah tetap tanggung jawab dari orang tua.

3. Berhubungan dengan sekolah Memiliki hubungan baik dengan sekolah , terutama guru sebagai orang yang dipercaya dalam mendidik anak anda di sekolah adalah hal yang sangat penting. Sekarang anda dapat menghubungi guru anak anda melalui telepon untuk mengetahui perkembangan anak anda di sekolah atau jika ada suatu masalah mengenai anak anda. Selain itu menghadiri acara sekolah, seperti pembagian rapot, seminar atau rapat orang tua dan guru juga dapat dilakukan untuk mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan anak anda dan perkembangan pendidikannya. Sebuah studi di North Carolina State University menemukan bahwa sekolah dan komunitas yang menjalin kerjasama dengan orang tua dapat memberikan kesempatan sukses terbesar bagi anak.

Hal-hal tersebut di atas merupakan beberapa tips yang mudah dan dapat dilakukan oleh anda sebagai orang tua yang bekerja. Hal yang terpenting adalah tetap memberikan yang terbaik bagi si buah hati agar dapat tumbuh dan berkembang secara sehat jasmani dan rohani, cerdas dalam intelektual dan emosional. Jika sang anak senang dan sehat tentulah menjadi kebahagiaan yang utama bagi orang tua.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: